Sering Kerja di Depan Laptop? Waspadalah Pada Penyakit Ini

Burroshare.com – Selain gawai, laptop atau komputer jadi perangkat elektronik paling dibutuhkan. Tak cuma pekerja kantoran saja, mahasiswa pun dituntut aktif di depan komputer.

waspada penyakit terlalu lama duduk didepan laptop

Gangguan Kesehatan Dapat Terjadi Akibat Kerja di Depan Laptop

Ternyata ada dampak negatif yang kerap dikeluhkan akibat terlalu lama di depan komputer. Nah, apa sajakah gangguan kesehatan tersebut?

  1. Iritasi MataJangan heran kalau Anda sering mengalami iritasi pada mata! Paparan radiasi dari layar komputer yang intens menyebabkan mata tak nyaman. Terlalu fokus pada tampilan layar komputer pun bisa membuat mata lebih mudah kering.

    Akibatnya, mata lebih gampang iritasi dan memerah. Biar tak iritasi berlebihan, kedipkan mata sesering mungkin. Bila perlu, ambil jeda sebentar dari layar komputer. Lakukan aktivitas lain yang tak berhubungan dengan paparan radiasi.

    Selain komputer, gawai juga menyumbang pengaruh buruk pada kesehatan mata. Jadi, tak usah kaget kalau performa mata lebih cepat menurun. Sayangnya, sulit sekali melepaskan diri dari layar gawai maupun komputer. Masyarakat modern sangat bergantung kepada 2 elektronik tersebut dalam kesehariannya.

  2. Nyeri PunggungDuduk terlalu lama di depan komputer juga berakibat fatal pada otot dan saraf di punggung. Dalam jangka panjang, rasa nyeri bisa memicu backpain maupun kelainan tulang punggung. Kalau tak dicegah sedari awal, Anda akan kerepotan. Selain rasa nyeri, postur tubuh pun akan berubah perlahan-lahan. Anda bakal terlihat lebih bungkuk daripada sebelumnya.

    Kondisi ini bisa Anda tangani dengan mengubah posisi duduk yang benar. Bukan cuma itu, lakukan peregangan secara teratur minimal 1 jam sekali. Pilih pula olahraga yang bisa meredakan rasa nyeri di bagian punggung, seperti yoga, berenang, maupun pilates. Lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu untuk mengembalikan fungsi otot punggung.

  3. Sakit PinggangDi samping nyeri punggung, sakit pinggang menjadi keluhan terbanyak. Berbeda dari nyeri punggung yang terkesan lelah, sakit pinggang jauh lebih mengganggu. Sebagian orang sering kesulitan berdiri setelah terlalu lama di depan komputer. Kalau sudah begini, tentu mereka butuh stretching untuk melemaskan kembali otot dan saraf yang tegang. Apakah Anda juga sering mengalami kondisi ini?

    Buat mengatasi keluhan jangka panjang, sebenarnya Anda bisa membatasi aktivitas di depan komputer. Setidaknya, buat daftar harian terkait penggunaan komputer setiap harinya. Jika pekerjaan memaksa Anda berada lebih dari 5 jam di depan komputer, pastikan untuk menyesuaikan tingkat kecerahan di layar komputer. Selain itu, minum air putih yang cukup agar tubuh tetap merasa rileks.

  4. KesemutanKesemutan memang kerap diabaikan oleh pengguna komputer. Rasa kesemutan seringkali melanda ujung jari dan tangan. Abai dengan kondisi satu ini ternyata tak baik bagi kesehatan. Pasalnya, tubuh tengah memberi respon kepada Anda untuk beristirahat sejenak. Membiarkan terlalu lama kesemutan akan berimbas pada kram hingga mati rasa.
  5. Kram LeherBerapa lama durasi Anda bekerja di depan komputer? Semakin lama Anda berada di depan komputer, maka makin terasa tak nyaman. Beberapa saraf dan otot lebih mudah tegang dan terasa nyeri. Satu diantaranya tentu otot leher yang sering terasa kram, bahkan sakit saat digerakkan. Sayangnya, sebagian orang menganggap hal tersebut wajar.

    Kram leher sebenarnya bisa Anda minimalisir dengan melemaskan otot leher secara berkala. Misalnya saja, menolehkan kepala ke kanan dan kiri beberapa kali setelah 30 menit menatap layar komputer. Cara ini efektif mengusir rasa lelah dari leher, sekaligus membuat pikiran lebih segar.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.