Hindari Gangguan Kesehatan Mental Akibat Toxic People

Burroshare.com – Tahukah Anda kalau lingkungan berperan besar dalam pembentukan karakter? Anda mungkin tak menyadari kalau hubungan pertemanan memberi pengaruh besar. Salah satu dampaknya terlihat pada karakter dan kepribadian Anda.

Hindari Gangguan Kesehatan Mental Akibat Toxic People

Tips Ampuh Tetap “Sehat” Pasca Bertemu Toxic People

Sayangnya, banyak orang terjebak dalam lingkup pertemanan tak sehat. Mereka kerap dipertemukan dengan toxic people yang mengganggu. Jika Anda tengah menghadapi kondisi tersebut, ada baiknya melakukan tips berikut.

  1. Memutus Hubungan 

    Tak ada salahnya menjaga jarak dari toxic people. Anda berhak menyaring pertemanan demi kesehatan mental. Perlu diketahui, toxic people seringkali menyebabkan seseorang tak nyaman. Ketidaknyamanan ini bisa berimbas besar bagi kesehatan mental, termasuk depresi.Contoh sederhana saja, Anda punya teman yang selalu membully kondisi fisik. Meskipun awalnya sekedar bercanda, lambat-laun bisa membuat Anda kehilangan kepercayaan diri.Supaya tak berdampak buruk di kemudian hari, cobalah menghindar dari lingkup pertemanan seperti ini. Kesehatan mental Anda jauh lebih penting daripada teman toxic yang sulit menerima kekurangan orang lain. Setidaknya, kebahagiaan Anda bisa kembali setelah menjaga jarak dari mereka.

  2. Mencari Lingkungan Baru 

    Kehilangan satu teman toxic tak bakal merugikan. Anda justru bisa berkenalan dengan lingkungan baru yang lebih sehat dan baik. Temukan orang-orang dengan sudut pandang luas tanpa menghakimi sedikitpun. Tanpa disadari, lingkungan positif juga akan membantu Anda berkembang lebih baik ke depannya. Anda pun lebih mudah menemukan tujuan dan semangat hidup yang baru.

  3. Memulai Kegiatan Positif

    Perbanyak kegiatan positif yang bisa Anda ikuti, seperti pelatihan atau belajar sesuatu yang baru. Dengan kegiatan bermanfaat, Anda lebih mudah melupakan komentar negatif dari toxic people. Di samping itu, Anda bisa teralihkan dari pertemanan yang tak sehat. Sebaiknya, kembangkan potensi diri yang sebelumnya sempat tertentu.Ada banyak cara sebenarnya untuk berkegiatan positif. Tak ada salahnya dimulai dari sekarang, walaupun sedikit sulit. Melepaskan diri dari toxic people tak selalu mudah, apalagi orang terdekat dengan pengaruh buruk. Namun Anda bisa menemukan kenyamanan yang berbeda lewat cara lain. Satu diantaranya melalui kegiatan positif yang tak berani dilakukan selama ini.
  4. Bangun Inner Circle yang Kuat
    Kesehatan mental menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Oleh sebab itu, pilih dan ciptakan hal-hal yang menyenangkan untuk Anda. Ada baiknya tak menolak sesuatu yang negatif, tetapi terima dengan lapang dada. Biar Anda tak berlarut-larut dengan toxic people, coba bangun inner circle yang baik.Inner circle adalah orang terdekat yang mampu menerima Anda dalam segala kondisi. Tak harus keluarga, inner circle bisa jadi teman ataupun sahabat. Anda merasa jauh lebih nyaman bercerita kepada mereka, apapun masalah yang tengah dihadapi. Sulit menentukan inner circle yang pas? Coba periksa kembali kehidupan Anda. Ingat siapa saja yang sering Anda temui dan hubungi dalam berbagai kondisi.
  5. Belajar Menerima Berbagai Hal 

    Bagi orang lain, Anda mungkin toxic people dalam kehidupan mereka. Begitu pula sebaliknya, Anda bisa jadi memberi pengaruh buruk untuk orang lain. Ini harus disadari sedari awal, sebab hidup bak dua sisi mata uang. Jika Anda tengah menghadapi toxic people dan tak ingin mengalami gangguan mental, belajarlah mengakuinya.Buatlah sebuah penilaian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh buruk yang diberikan. Bila Anda rasa masih bisa mentolerirnya, terimalah dengan besar hati. Kalau tidak, menjauh dari jangkauan orang-orang tersebut. Hidup tak harus selalu positif, tetapi juga negatif, bak yin dan yang.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.